Laporan Prakerin

27

MEMBANGUN INTALASI JARINGAN KABEL DAN NIRKABEL

 

DI SMA LABORATORIUM PERCONTOHAN UPI

Jl. Senjaya Guru Kampus UPI Bandung 40154 Telp. (022) 2004404 Fax. (022) 2004450

www.smalabupi.sch.id  email: sma_labschool@upi.edu

 

LAPORAN PRAKERIN

 

Disusun sebagai salah satu syarat dalam mengikuti ujian sidang

Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan

di SMK NEGERI 1 CIPANAS

 

 

Di susun oleh:

Nama                            : Muhammad Rizq I Fauzan

NIS                               : 13140114

Program Keahlian      : Teknik Komputer dan Jaringan

 

SMK NEGERI 1 CIPANAS

Jln Agropolitan Desa Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur Telp. (0263) 516707

www. smkn1cipanas.sch.id  e-mail: info@smkn1cipanas.sch.id

DAFTAR ISI

 

LEMBAR PENGESAHAN.. i

KATA PENGANTAR.. i

DAFTAR ISI. iii

BAB I PENDAHULUAN.. 5

  1. Latar Belakang. 5
  2. Identifikasi Masalah. 6
  3. Batasan MasAlah. 6
  4. Maksud Dan Tujuan PRAKERIN.. 6
  5. Manfaat PRAKERIN.. 6
  6. SistematikaPembahasan. 7

BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN.. 8

  1. Sejarah Singkat Perusahaan. 8
  2. Waktu dan Tempat 9
  3. Struktur organisasi dan uraian tugas. 9

BAB III  TINJAUAN PUSTAKA.. 12

BAB IV  PEMBAHASAN.. 15

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.. 1

  1. Kesimpulan. 1
  2. Saran. 1

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan ke Hadirat Allah S.W.T atas petunjuk, rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Industri ini dapat di selesaikan sesuai dengan waktu yang telah diberikan oleh pihak sekolah.dari hasil yang telah dilakukan dan dicapai selama penyusun mengikuti proses Praktek Kerja Industri di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung, Penyusun banyak mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang lain di dalam dunia industri serta mendapatkan kedisiplinan, juga pengalaman berharga dan dengan bersumber dari hal-hal tersebut,  akhirnya menjadi dasar dan bahan bagi penyusunan laporan ini.

Laporan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang telah saya tulis ini di buat dalam rangka memenuhi tugas dari sekolah dan sebagai bahan pertanggung jawaban atas kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Dunia usaha dan Dunia industri (DU/DI). Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Dalam Kesempatan kali ini perkenankan penyusun mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan, baik dari segi moral maupun spiritual yang sangat bermanfaat bagi penyusun dalam penyusunan laporan ini. Ucapan terimakasih ini penyusun sampaikan kepada :

  1. Ida.Yuniati. Surtika, MM. Selaku Kepala SMK N 1 Cipanas.
  2. Yadi Awaluddin Syarif, S.Kom. Selaku Pembimbing dalam penyusunan laporan dan Sekaligus selaku pembimbing teknis/lapangan.
  3. Nita Tursina Handayani, S.Pd. Selaku ketua penyelenggara kompetisi keahlian teknik komputer dan jaringan.
  4. Bapak Ibu Dewan Guru beserta Staff Tata Usaha SMK Negeri 1 Ciapanas, beserta teman-teman dan semua pihak.
  5. Tetty Sulawati, M.Pd. Selaku pimpinan di SMA Laboratorium UPI Bandung.
  6. Fajar Amuffatulah, S.Pd. Selaku Pembimbing di SMA Laboratorium UPI Bandung.
  7. Seluruh staff dan Guru SMA Laboratorium UPI Bandung yang telah membantu penulisan selama ini dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan.
  8. Rangga Adrian, S.Pd. selaku Wali Kelas XII TKJ 1 yang telah memberikan semangat maupun do’a.
  9. Kedua orang tua yang telah mendukung, memberikan do’a restu dan telah mendoakan penulis dalam menyelesaikan laporan hasil praktek kerja lapangan ini.
  10. Dan Pihak-pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Praktik Kerja Lapangan ini.

Demikian kata pengantar ini dibuat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi penulis dan bagi pembaca pada umumnya.

 

 

 

Cianjur, 28 Oktober 2015

 

 

 

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

“INSTALASI DAN PEMELIHARAAN JARINGAN LAN, WIFI, CCTV DAN PROJECTOR

DI SMA LABORATORIUM PERCONTOHAN UPI”

 

Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan

Tahun Pelajaran 2015/2016

 

Pembimbing Jurusan                                                   Pembina DU/DI

 

 

Yadi Awaluddin Syarif, S.Kom                               FajarAmufatullah, S.Pd  NIP.198101192010011011

 

Mengetahui

Ketua Program Keahlian

 

 

NitaTursinaHandayani, S.Pd

 

 

 

Kepala Sekolah SMA LaboratoriumUPI

 

 

Dra.Tetty Sulawati, M.Pd

NIP. 196306041993022001

 

 

BAB I
PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Kegiatan praktek kerja merupakan kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan yang mendukung kegiatan belajar mengajar siswa melalui kegiatan praktek kerja secara langsung di dunia kerja sesuai dengan program studi tertentu untuk mencapai keahlian kerja sebagai bekal untuk bekerja secara profesional. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka diterapakan suatu sistem pendidikan yang dikenal dengan istilah “Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN)”.

Sistem ini merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional  yang memadukan secara sistematis program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian melalui kegiatan bekerja secara langsung dan terarah untuk mencapai tingkat keahlian profesional tertentu. Keahlian profesional hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi yang ada dalam dunia kerja. Sehubungan dengan itu, maka siswa SMK pada jenjang tertentu diwajibkan mengikuti kegiatan praktek kerja secara langsung.

Dan Semakin meningkat nya Kemajuan teknologi informasi pada saat ini terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia yang mengiginkan kemudahan, kecepatan, dan keakuratan dalam memperoleh informasi. Oleh karena itu kemajuan teknologi informasi harus terus di upayakan dan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. Salah satu kemajuan teknologi informasi di bidang pendidikan pada saat ini ialah penggunaan Teknologi Infomasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran di sekolah. Salah satu penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran yaitu bisa dengan mudah mendapatkan sumber bagian yang bisa di akses di lingkungan sekolah yaitu dengan adanya teknologi Wifi.

 

Identifikasi Masalah

Kemajuan teknologi informasi saat ini sangatlah pesat, tidak terkecuali perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran di sekolah. Pada laporan ini penulis mengidentifikasi permasalahan yang ada di SMA Laboratorium UPI Bandung, yaitu adanya pemasangan kembali sistem jaringan internet, CCTV, serta Projector, dan pemeliharaan peralatan yang sudah ada dimana sebelumnya ada renovasi gedung.

 

Batasan Masalah

Pemasangan Jaringan LAN dan Wifi

Pemasangan CCTV

Pemasangan Projector

Pemeliharaan Jaringan Internet Sekolah

 

Maksud Dan Tujuan PRAKERIN

Untuk menambah pengetahuan dan untuk melatih kedisiplinan dalam sebuah perusahaan dan membuat kita lebih teliti, rajin, dan, tekun supaya kita mudah dalam hal bekerja atau membuat peluang kerja.

 

Manfaat PRAKERIN

Melatih kita untuk lebih disiplin, tekun, dan, rajin kita bisa Mandiri dan tidak tergantung terhadap orang lain, supaya kita nanti mudah mencari pekerjaan atau peluang usaha, dan, supaya lebih banyak ilmu yg di ambil dari PRAKERIN.

 

 

 

 

 

 

SistematikaPembahasan

 

BAB I      : PENDAHULUAN

Dalam Bab ini berisikan tentang latar belakang, Identifikasi Masalah, Batasan MasAlah, Maksud dan Tujuan PRAKERIN, Manfaat Prakerin.

BAB II    : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

Dalam bab ini membahas tentang profil instansi DU/DI pada saat PRAKERIN.

BAB III   : TINJAUAN PUSTAKA

Dalam bab ini menjelasakan tentang Pengertian Instalasi Jaringan LAN dan Wifi, dan kegunaan CCTV, Wifi, Projector, dan Jaringan LAN di sekolah.

BAB IV   :           PEMBAHASAN

Dalam bab ini menjelas kan / melaporkan tentang apa yang di kerjakan di instansi saat PRAKERIN.

BAB V    : KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini akan penulis tuliskan kesimpulan dan saran dari tugas akhir yang penulis buat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II
GAMBARAN UMUM SMA LABORATORIUM UPI

 

Sejarah Singkat

Pada tanggal 4 Agustus 2003 telah terjadi peristiwa penting dalam perjalanan Universitas Pendidikan Indonesia, yaitu diserahterimakannya SMP dan SMA KORPRI dari Yayasan Kesejahteraan KORPRI kepada Rektor UPI. Peristiwa itu menandai terwujudnya kembali sebuah gagasan lama yakni hadirnya sebuah sekolah laboratorium di tengah-tengah sebuah perguruan tinggi yang salah satu aktivitasnya selama ini menekuni ilmu pendidikan dan keguruan. Gagasan kehadiran sekolah laboratorium itu bersamaan lahirnya dengan terbentuknya PTPG yang kemudian menjadi FKIP A dan B, yang pada tahun 1961 berubah menjadi IKIP, dan pada akhirnya menjadi UPI. Sebuah lembaga bentukan FKIP, yaitu Lembaga Pembinaan Kurikulum (LPC), pada tahun 1960 mendirikan Taman Kanak-Kanak dan kemudian menyusul pada tahun 1964 didirikan pula Sekolah Dasar yang kedua-duanya sebagai Laboratory School. Dengan maksud agar Labschool tersebut memiliki semua jenjang pendidikan, maka pada tahun 1969 didirikan SMP dan pada tahun berikutnya didirikan SMA. Pada tahun 1974 Pemerintah menyelenggarakan Proyek Perintis Sekolah Pembangunan di 10 IKIP. Dengan Proyek ini SD, SMP, SMA Labschool UPI berubah fungsi menjadi Perintis Sekolah Pembangunan di bawah pengelolaan PPSP. Pada tahun 1984 PPSP dinyatakan selesai dan karenanya maka SMP dan SMA yang berada di bawah naungannya melakukan facing out (tidak lagi menerima murid kelas I). Pada tahun 1986 Sekolah Dasar dijadikan Sekolah Dasar Percobaan Negeri Setiabudi yang untuk sementara berlokasi di Kampus UPI. Pada tahun yang sama SMP ex PPSP dijadikan SMP Negeri Nomor 38 dan SMA ex PPSP dijadikan SMA Negeri Nomor 20, kedua-duanya berlokasi di kota Bandung. Untuk memanfaatkan fasilitas pendidikan ex PPSP dan sekaligus untuk membantu anggota KORPRI UPI dalam menyekolahklan putera-puterinya, maka dengan seizin Rektor, pada tahun 1984 Yayasan Kesejahteraan KORPRI Unit IKIP Bandung mendirikan SMP dan SMA KORPRI.Mengingat kehadiran Sekolah Laboratorium di lingkungan UPI sangat diperlukan, maka pada tahun pelajaran 2003/2004, tepatnya pada tanggal 4 Agustus 2003, SMP dan SMA KORPRI dialih statuskan menjadi Sekolah Laboratorium UPI. Sementara itu TK Bumi Siliwangi yang sejak tahun 1998 dikelola oleh Dharma Wanita Persatuan UPI juga digabungkan kedalam Sekolah Laboratorium. Kepala Dinas Pendidikan Nasional Jawa Barat menyerahkan bangunan Sekolah Dasar Percobaan Negeri Setiabudi yang berlokasi di Kampus UPI tersebut di atas kepada Rektor UPI untuk dijadikan Sekolah Laborartorium. Dengan rangkaian peristiwa itu maka lengkaplah sudah Sekolah Laboratorium UPI, yang meliputi TK, SD, SMP, dan SMA yang diresmikan oleh Bapak Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia pada tanggal 20 Oktober 2003 bertepatan dengan Hari Peringatan Dies Natalis Universitas Pendidikan Indonesia yang ke-49.

 

Tempat

SMA Laboratorium Percontohan UPI betempat Jl. Senjaya Guru Kampus UPI Bandung 40154 Telp. (022) 2004404 Fax. (022) 2004450 dengan alamat web www.smalabupi.sch.id  email: sma_labschool@upi.edu

 

Struktur organisasi

PIMPINAN SMA LABORATORIUM PERCONTOHAN UPI

Dra. Tetty Sulawati, M.Pd.
KEPALA SEKOLAH

 

Lia Laela Sarah, S.Pd., M.T. Abang Ibnualzar, S.Pd. Drs. Deni Kadarsah, M.Pd. Saeful Rahman, S.Pd.
WAKASEK KURIKULUM WAKASEK KESISWAAN WAKASEK SARANA WAKASEK HUMAS

 

Profil SMA Laboratorium UPI Bandung

  1. Profil Sekolah
NPSN : 20219790
Status sekolah : Swasta
Bentuk Pendidikan : SMA
Alamat : JL.SENJAYA GURU KAMPUS UPI BANDUNG
RT / RW : 01 / 05
Dusun :
Desa / Kelurahan : Isola
Kecamatan : Kec.Sukasari
Kabupaten : Kota.Bandung
Propinsi : Prov.Jawa Barat
Kode Pos : 40154
Lintang : -6.8615000
Bujur : 107.5926000
Telepon : (022) 2004404 / 2004450
Fax : 40154
Website : http://www.smalabupi.sch.id
Email : sma_labschool@upi.edu

 

 

  1. Jumlah PTK

 

Jumlah Total PTK                                     : 54 orang

Jumlah Guru                                              : 42 orang

Jumlah Tenaga Administrasi Sekolah       : 12 orang

 

  1. Peserta Didik

Jumlah Total PD                                        : 703

PD Kelas X                                                : 231

PD Kelas XI                                              : 250

PD Kelas XII                                             : 222

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III
TINJAUAN PUSTAKA

 

  1. Pengertian jaringan LAN dan Wifi
  2. Wifi

Wifi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity yaitu sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat.

  1. LAN

Adalah suatu media transmisi bersama serta rangkaian hardware dan software untuk menginterfacekan perangkat menjadi media serta mengatur akses menuju media tersebut dengan tepat. Topologi yang digunakan untuk LAN berupa Ring, bus, pohon dan bintang.

 

  1. Fungsi LAN, Wifi, CCTV dan Projector Bagi Lingkungan Sekolah
  2. LAN
  3. Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (file sharing).
  4. Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (printer sharing).
  5. File-file dapat disimpan pada server sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan, sehingga keamanan data terjamin.
  6. File data yang keluar atau masuk dari dan ke server dapat dikontrol.
  7. Proses backup data menjadi lebih cepat dan mudah.
  8. Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
  9. Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan    e-mail dan chat.
  10. Wifi
  11. Bisa mengakses internet di lingkungan sekolah.
  12. Melalui internet kita dapat belajar berbagai hal mulai dari materi yangdipelajari saat ini disekolah,yang telah berlalu,dan yang belum dipelajari.
  13. Dengan internet kita dapat mendapatkan informasi tentang Beasiswa yang dikeluarkan oleh Pemerintah disetiap tahun/semester, baik itu diluarsekolah maupun didalam sekolah.

 

  1. Projector
  2. Lebih Efektif dan Efisienwaktu yang digunakan untuk mengajar tidak terbuang sia-sia hanya untuk menulis di papan tulis, Selain itu kualitas visual akan lebih nyaman dengan materi yang dapat terlihat dengan jelas di banding dengan menulis di papan tulis. Hal inilah yang dapat membuat waktu belajar menjadi efektif, dan suasana belajar mejadi efisien.
  3. Membiasakan peserta didik dengan teknologi penggunaan LCD Proyektor dapat mendidik siswa agar lebih mengeluarkan de-ide kreatifnya dalam penggunaan teknologi. Yang dapat brguna bagi perkembangan dirinya di era modernisasi yang semakin berkembang.
  4. Ramah Lingkungan, karena LCD Proyektor hanya menggunakan tenaga listrik, maka dapat dikatakan sangat ramah lingkungan dari pada menulis di whiteboard dengan spidol, atau menulis di papan tulis dengan kapur. Selain tidak mencemari lingkungan yang akibatnya dapat mengganggu kesehatan, LCD Proyektor juga amah lingkunga, bisa digunakan kapan saja dan dimana saja dengan praktis dan cepat.

 

  1. CCTV
  2. Keamanan Sekolah
  3. Sistem keamanan CCTV membantu dalam mencegah atau mengidentifikasi penyusup/orang asingyang masuk, sehingga meningkatkan keamanan sekolah.
  4. Melacak pintu masuk dan keluarjauh lebih mudah melalui kamera CCTV.
  5. Sistem pengawasan CCTV dapat melacak kegiatan karyawandan memastikan mereka melakukan pekerjaan mereka.
  6. Untuk Pengajar
  7. Sistem pengawasan CCTV membantu dalam perlindungan kendaraan
  8. Mereka melacak kehadiran guru dan ketepatan waktu.
  9. Kamera CCTV ini dapat membantu melacak sikap guru dalam mengajar.
  10. Untuk Siswa
  11. Kamera CCTV bantuan memantau dan mencegah intimidasi di antara siswa.
  12. Mereka membantu dalam memastikan disiplin dan ketepatan waktu di antara siswa.
  13. Mencegah atau melacak pencurian mahasiswa.
  14. Jauhkan pikiran orang tua nyaman tentang keamanan sekolah dan lingkungan.

 

 

 

 

 

 

BAB IV
PEMBAHASAN

Penulis akan menjelaskan sedikit tentang Instalasi jaringan LAN

di SMA Laboratorium UPI Bandung

 

  1. Prosedur Installasi jaringan LAN

Semua alat dan bahan dipersiapkan di tempat kerja. Posisi meja diatur sedemikian rupa hingga sesuai dengan kebutuhan dan SMA Laboratorium UPI memilih Topologi Star. Kemudian tiap monitor, keyboard, dan mouse dihubungkan ke CPU dan ditempatkan di masing-masing meja yang telah disiapkan. Lalu pasang kabel satu daya ke CPU dan monitor. Kemudian letakkan HUB di tempat yang dikehendaki untuk kemudian dijadikan tolak ukur untuk panjang kabel UTP yang akan dibutuhkan untuk tiap PC. Ukur jarak tiap-tiap PC ke HUB untuk menentukan panjang Kabel UTP yang akan digunakan. Beri panjang tenggang untuk antisipasi pada saat pemasangan konektor RJ 45.

Potong kabel UTP sesuai kebutuhan tiap PC, lalu pasang kabel UTP ke konektor dengan system straight. Setelah di crimping, beri nomor di ujung kabel yang sesuai dengan PC yang dimaksud. Kemudian hubungkan tiap-tiap PC ke HUB menggunakan kabel UTP tersebut.

Hubungkan PC dan HUB ke sumber tegangan. Setiap PC dinyalakan satu per satu kemudian lakukan setting konfigurasi jaringan LAN.

 

  1. Setting Konfigurasi Jaringan LAN
  2. Buka windows explorer dengan klik kanan Start lalu pilih explore.
  3. Klik kanan pada My Network Place lalu pilih Properties
  4. Pada jendela network connection, double klik pada Local Area Connection
  5. Pada kotak dialog Local Area Connection Status lalu klik Properties
  6. Kemudian muncul kotak dialog Local Area Connection Properties lalu pilih tab general lalu seleksi Internet Protokol (TCP/IP)  lalu pilih Properties.
  7. Kemudian atur IP address pada kotak dialog Internet Protokol (TCP/IP)Properties.

 

  1. Alamat IP Addres

subnet mask            : 255.255.255.0

IP addres                : 177.103.0.1

Lalu klik Ok

 

Selesai melakukan setting IP address, lanjutkan dengan membuat workgroup dengan cara klik kanan My Computer lalu pilih Properties lalukemudian pada workgroup klik Change lalu ketik “TKJ ” lalu klik OK. Kemudian muncul pesan “Do you want to restart this computer?” lalu klik Yes, agar pergantian nama workgroup ini bisa berjalan dengan optimal.

Dan ini tatacaranya dalam sebuah ScreenShot :

  • Klik kanan pada Start lalu pilih Open Windows Explorer
  • Lalu Klik kanan pada Network lalu pilih Properties
  • Lalu akan muncul seperti di bawah ini lalu klik Local Area Connection lalu pilih Properties.

 

  • Lalu Klik (TCP/Ipv4) lalu pilih Properties

 

 

 

 

 

 

  • Lalu Setting IP nya 255.255.255.0
  • Setelah settingan IP selesai lalu membuat WORKGROUP cara nya Klik kanan pada My Computer / Computer lalu pilih properties lalu akan ada tampilah seperti ini klik Change Settings lalu klik Change.

 

 

 

  • Lalu Klik Workgroup lalu ketik TKJ lalu tekan oke. Selesai

 

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Setelah penyusun selesai dalam mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMA Laboratorium UPI Bandung penulis dapat mengambil berberapa kesimpulan diantaranya :

  1. Bahwa Kegiatan PKL ini sangat penting bagi siswa untuk meningkatkan ilmu pengetahuan yang akan bermanfaat di dalam ataupun di luar Lapangan Kerja. Juga dapat menumbuhkan sikap dewasa dan kepribadian yang kreatif dan kritis.
  2. Kegiatan PKL ini dapat membantu siswa untuk memahami dan mengerti tentang kondisi nyata di dalam suatu Institusi sehingga dapat dijadikan tolak ukur bagi perkembangan kehidupan siswa-siswi di masa yang akan datang.

Saran

Dalam Hal Mengenai Praktek Kerja Lapangan,Khususnya siswa-siswi SMK N 1 Cipanas dapat menjadikan PKL ini sebagai ajang untuk mempraktekan kreativitas hasil pembelajaran yang telah didapat disekolah dan memanfaatkannya untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas bagi kita.

Untuk kelancaran PKL selanjutnya, Penyusun mengajukan Saran yaitu kehadiran pembimbing dalam fungsi pengawasan, Karena Dari beberapa peserta PKL banyak yang kurang mengerti bagai mana cara pengisian laporan dan banyak yang belum terbagi daftar nilai atau pun kehadiran untuk di ajukan ke pembimbing di suatu industry.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *